Embung Sumber Air Warga

Dlingo – Pemerintah Desa (Pemdes) Dlingo, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, memaksimalkan pemanfaatan embung sebagai sarana pengairan warga. Sebagian besar luas wilayah desa Dlingo merupakan lahan pertanian berupa sawah dan ladang. Sistem pengairan yang baik sangat dibutuhkan masyarakat Dlingo yang mayoritas bermatapencaharian sebagai petani.

Dlingo memiliki sebuah sumber mata air alami. Namun, mata air itu tidak mampu mencukupi seluruh kebutuhan pertanian warga. Oleh karena itu, Pemdes membangun sebuah embung atau penampung air untuk membantu pengairan sawah warga. Embung ini dibangun sejak 2015 dan terus dikembangkan hingga sekarang.

Keberadaan embung membantu pengairan sawah yang jauh dari mata air atau sungai. Dengan demikian, seluruh petani Desa Dlingo tidak lagi kesulitan mendapatkan air untuk mengairi sawah dan ladang.

Untuk meningkatkan kapasitas embung, Pemdes berencana memugar cekungan penampung air ini pada 2019. Proyek pemugaran embung akan dicantumkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2019.

Pemugaran ini diharapkan mampu memaksimalkan fungsi embung sebagai sistem pengairan pertanian. Pemdes berharap keberadaan embung mampu mendukung perkembangan pertanian warga.

Berita Terkini
Gabah Berjaya
Senin 11 Desember 2017
Tujuh Perangkat Desa Resmi Dilantik
Rabu 15 November 2017
Posyandu Jaga Kesehatan Warga
Rabu 15 November 2017
Gebyar Tujuhbelasan di Dlingo
Rabu 15 November 2017