Air Asin di Mata Air Ngledok
Rabu 15 November 2017

Dlingo – Desa Dlingo merupakan sebuah desa di Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali yang memiliki kekayaan dan keindahan alam memikat mata. Selain hamparan sawah nan luas dan hijau, Dlingo juga memiliki beberapa sumber mata air jernih. Mata air biasa digunakan untuk mengairi sawah dan mencukupi kebutuhan sehari-hari warga setempat.

Salah satu sumber mata air terbesar di Dlingo adalah Mata Air Ngedok. Mata air ini unik karena terasa asin tidak seperti air pegunungan yang umumnya tawar. Padahal, Desa Dlingo berada di kaki Gunung Merbabu. Namun, air Ngedok tetap segar sebagaimana air pegunungan dan tidak lengket seperti air laut.

Meski kecil, mata air Ngedok tidak pernah kering meski musim kemarau panjang sekalipun. Mata air Ngedok mampu mengairi setidaknya 10 hekatre lahan di sebelah timur Desa Dlingo.

Masyarakat Dlingo percaya sumber mata air ini juga berguna bagi kesehatan. Mata air ini dianggap memiliki kekuatan magis untuk menyembuhkan penyakit bagi orang yang berendam di sana.

Selain dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit, mata air ini juga diyakini sebagai berkah tersendiri bagi pertanian desa. Sawah yang dialiri air dari Ngedok akan menghasilkan beras yang lebih enak dan berkualitas. Jerami sisa panen pun lebih disukai ternak.

Pemerintah Desa (Pemdes) Dlingo diharapkan dapat bersinergi dengan warga untuk menjaga dan melestarikan mata air ini. Masyarakat dihimbau tidak merusak dan memanfaatkan mata air dengan sembarangan.

Selain itu, masyarakat juga diharapkan tidak melakukan kegiatan yang bertentangan dengan ajaran agama di mata air ini. Meski dianggap memiliki kekuatan magis, Pemdes menghimbau masyarakat tidak melakukan kegiatan musrik di sana.

Berita Terkini
Gabah Berjaya
Senin 11 Desember 2017
Tujuh Perangkat Desa Resmi Dilantik
Rabu 15 November 2017
Posyandu Jaga Kesehatan Warga
Rabu 15 November 2017
Gebyar Tujuhbelasan di Dlingo
Rabu 15 November 2017