Yang Muda Yang Berbahasa Jawa
Rabu 15 November 2017

Dlingo – Bahasa Jawa merupakan salah satu bahasa daerah Indonesia yang kaya nilai moral dan tradisi. Namun, pesatnya perkembangan zaman membuat Bahasa Jawa mulai dilupakan, khususnya oleh generasi muda.

Berangkat dari keprihatinan terhadap lunturnya bahasa daerah di tengah masyarakat, dua warga Desa Dlingo, Kecamatan Mojosongo, Boyolali, Masruri dan Joko membentuk kelompok belajar Bahasa Jawa. Kelompok belajar ini dibentuk supaya pemuda dan pemudi Desa Dlingo semakin mencintai Bahasa Jawa dan bisa menggunakannya dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari. Generasi muda juga diharapkan mampu mewarisi kemahiran Berbahasa Jawa dari generasi tua.

Kelompok belajar ini memiliki jargon “Nguri-uri Basa lan Budaya” atau “Melestarikan Bahasa dan Budaya”. Mereka biasa menggelar belajar kelompok setiap Sabtu sore pada pekan pertama dan ketiga setiap bulan. Pertemuan Kelompok Belajar Bahasa Jawa digelar di rumah Masruri di Dukuh Ringinsari, Dlingo.

Masruri mendatangkan guru Bahasa Jawa profesional untuk membimbing anggota kelompok belajar. Guru itu bernama Gatot Subroto. Gatot bertanggungjawab mengajarkan tata bahasa atau unggah-ungguh dalam penggunaan Bahasa Jawa.

Masruri mengatakan antusiasme dan minat belajar pemuda dan pemudi Dligo cukup tinggi. Dia tidak pernah menemui kendala berarti dalam menjalankan kegiatan kelompok belajar selama dua bulan terakhir.

Masruri berharap semangat belajar pemuda pemudi Dlingo tidak akan pernah turun. Dia ingin kegiatan kelompok belajar yang digelar secara cuma-cuma ini bisa terus berlangsung. Kelompok Belajar Bahasa Jawa ini juga diharapkan penjadi pelopor pemberdayaan generasi muda untuk menjaga budaya bangsa.

Anda berminat turut memelihara dan mempelajari Bahasa Jawa bersama kelompok belajar Desa Dlingo? Pengurus Kelompok Belajar Bahasa Jawa Dlingo, Joko Santoso, bisa dihubungi di nomor telepon 081567633720.

Berita Terkini
Gabah Berjaya
Senin 11 Desember 2017
Tujuh Perangkat Desa Resmi Dilantik
Rabu 15 November 2017
Posyandu Jaga Kesehatan Warga
Rabu 15 November 2017
Gebyar Tujuhbelasan di Dlingo
Rabu 15 November 2017